June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Siap Gelar 40 Event Wisata: Sinergi Sektor Pariwisata untuk Ekonomi Kerakyatan

2 min read

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar

Infoalima.com,  TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) tengah bersiap menghadirkan 40 event pariwisata yang akan meramaikan tahun 2024. Rencana ini diumumkan sebagai bagian dari Kalender Event 2024, yang bertujuan untuk menggalang kolaborasi lintas sektor dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di Kukar.

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, menegaskan bahwa sinergi antar-sektor menjadi faktor penting dalam menyukseskan penyelenggaraan event-event tersebut.

“Kami akan melibatkan semua pihak, termasuk Kekraf Kukar, pelaku usaha, UMKM, dan seniman serta budayawan, untuk memastikan event berjalan dengan lancar,” kata Triyatma, Kamis (21/3/2024).

Inisiatif ini merupakan bagian dari Program Kukar Kaya Festival, yang telah terintegrasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

“Program ini mencerminkan visi kami untuk memperkaya kehidupan budaya dan memperkuat ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

Dengan rencana penyelenggaraan total 100 festival dan event hingga tahun 2026, Dispar Kukar juga siap menambah anggaran jika diperlukan, khususnya untuk memperkuat acara-acara dalam Kalender Event Kutai Kartanegara Festival (K3F).

“Event-event yang direncanakan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan, memaksimalkan kapasitas penginapan lokal, dan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM serta seniman, baik dari Kukar maupun dari ibu kota,” ujarnya

Beberapa event besar yang telah diselenggarakan termasuk Peringatan Peristiwa Merah Putih, Festival Ogoh-ogoh, Pesta Laut Pesisir, Milenial Hijrah Festival, Kukar Land Festival, dan Festival Budaya Kutai Adat Lawas. Ini merupakan sebagian dari 40 event yang telah terdaftar dalam kalender.

Dispar Kukar, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kukar, juga telah mempersiapkan sejumlah acara mendatang, seperti KFBN, Erau Sabintulung, Festival Danau Semayang, Festival Kota Raja, Erau Adat Kutai, dan Tenggarong Kutai Carnival.

“Beberapa acara sudah terlaksana, sementara lainnya masih dalam proses pengembangan dan persiapan,” tutup Triyatma.

Dengan agenda yang padat dan beragam, Kukar berharap untuk tidak hanya memulihkan, tetapi juga memperkuat ekonomi lokal melalui kegiatan pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *