May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kutai Kartanegara Latih Kapasitas Kepala Desa dan RT

1 min read

Kepala DPMD Kutai Kartanegara, Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong – Dalam rangka meningkatkan kualitas pemerintahan desa dan pelayanan publik, DPMD Kutai Kartanegara terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas kepala desa dan Rukun Tetangga (RT).

Kepala DPMD Kutai Kartanegara, Arianto, menjelaskan bahwa program pelatihan ini meliputi berbagai aspek penting dalam pengelolaan desa, seperti keuangan, pemerintahan, aset desa, struktur desa hingga tingkat RT, dan pencatatan penduduk.

“Kami ingin memastikan bahwa kepala desa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memimpin desa mereka dengan baik,” ujar Arianto pada Kamis (21/3/2024).

Arianto menambahkan bahwa pelatihan ini juga melibatkan RT dalam upaya menjaga kondusivitas lingkungan dan meningkatkan pelayanan publik di tingkat terkecil.

“RT merupakan ujung tombak dalam pelayanan publik di tingkat desa. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menjalankan tugasnya,” tuturnya.

DPMD Kutai Kartanegara telah mengintegrasikan aplikasi IDAMAN RT dalam pelatihan ini bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk meningkatkan kapasitas RT.

“Aplikasi ini akan membantu RT dalam melakukan pencatatan penduduk dan berbagai kegiatan lainnya secara lebih mudah dan efisien,” jelas Arianto.

Arianto optimis bahwa program pelatihan ini akan meningkatkan kualitas pemerintahan desa dan pelayanan publik di Kutai Kartanegara.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *