May 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Program “Terang Kampungku” Kukar, DPMD Kukar Sebut untuk Membangun Desa Terpencil dengan Energi Terbarukan

1 min read

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Infoalima.com, Kutai Kartanegara (Kukar) – Program “Terang Kampungku” di Kukar tidak hanya menerangi desa-desa di wilayah pesisir, tetapi juga menjangkau desa-desa terpencil di pedalaman. Salah satu desa yang merasakan manfaat program ini adalah Desa Long Bentuk.

Sebelumnya, masyarakat Desa Long Bentuk hanya mengandalkan genset untuk mendapatkan listrik. Hal ini menyebabkan listrik sering padam dan tidak dapat digunakan selama 24 jam.

Namun, dengan adanya program “Terang Kampungku”, Desa Long Bentuk kini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal yang menyediakan listrik 24 jam.

“Program ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk membangun desa-desa terpencil di Indonesia dengan energi terbarukan,” kata Arianto, Kepala DPMD Kukar.

Masyarakat Desa Long Bentuk sangat senang dengan program ini. Listrik 24 jam membantu mereka meningkatkan taraf hidup dan mengembangkan ekonomi desa.

“Sebelumnya, kami kesulitan belajar dan bekerja di malam hari karena tidak ada listrik. Kini, dengan adanya listrik 24 jam, anak-anak dapat belajar dengan lebih baik dan kami dapat bekerja lebih produktif,” kata seorang warga Desa Long Bentuk.

Program “Terang Kampungku” di Kukar merupakan contoh nyata bagaimana energi terbarukan dapat digunakan untuk membangun desa-desa terpencil di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *