May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Perkuat Dana Desa, Targetkan Peningkatan Ekonomi dan Kemandirian Desa

1 min read

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara, Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) berkomitmen untuk memperkuat pembangunan desa melalui peningkatan alokasi dana desa menjadi 800 miliar di tahun 2024. Kenaikan signifikan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemandirian desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara, Arianto, menjelaskan bahwa fokus utama program ini adalah pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

“Dana desa ini akan digunakan untuk membiayai berbagai program yang dirancang untuk meningkatkan ekonomi desa, seperti pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pelatihan keterampilan kerja, dan pembangunan infrastruktur ekonomi,” ungkap Arianto pada Kamis (21/3/2024).

Selain fokus pada ekonomi, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa. Arianto menuturkan bahwa dana desa akan digunakan untuk membiayai program pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat desa.

“Peningkatan kualitas SDM ini penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi desa dan meningkatkan daya saing masyarakat desa,” terangnya.

Arianto menegaskan bahwa Pemkab Kukar akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penggunaan dana desa. Hal ini untuk memastikan bahwa dana desa digunakan secara efektif dan tepat sasaran.

“Pemerintah desa diwajibkan untuk mempublikasikan informasi terkait penggunaan dana desa kepada masyarakat. Hal ini untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana desa,” tegasnya.

Dengan peningkatan alokasi dana desa dan fokus pada program yang tepat sasaran, Pemkab Kukar optimis dapat mewujudkan desa-desa di Kukar yang maju, mandiri, dan sejahtera.

“Kami yakin bahwa dana desa ini akan menjadi instrumen penting dalam mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa,” harapnya.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *