May 20, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Sebut Tantangan dan Peluang Menuju Kemandirian Desa di Kutai Kartanegara

1 min read

Arianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.

Infoalima.com, Tenggarong, – Upaya untuk mencapai kemandirian desa di Kutai Kartanegara (Kukar) masih menemui sejumlah tantangan. Salah satu yang paling krusial adalah ketersediaan tenaga kesehatan, khususnya dokter, di setiap desa.

“Ketersediaan dokter di setiap desa masih menjadi kendala utama dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat desa,” ungkap Arianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, pada Kamis (21/3/2024).

Selain itu, Arianto juga menyoroti pentingnya membangun ekonomi yang kuat di desa. Hal ini dapat dilakukan dengan mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Perputaran keuangan yang aktif dan bergerak sangat diperlukan untuk membangun ekonomi desa yang kuat,” kata Arianto.

Di sisi lain, Arianto melihat peluang besar untuk mencapai kemandirian desa di Kukar. Potensi sumber daya alam dan budaya yang melimpah menjadi modal penting untuk dikembangkan.

“Desa-desa di Kukar memiliki banyak potensi yang dapat digali dan diolah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

DPMD Kukar terus berupaya untuk mengatasi berbagai tantangan dan memaksimalkan peluang yang ada. Salah satu strateginya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat desa.

“Pemberdayaan masyarakat desa menjadi kunci utama dalam mencapai kemandirian desa,” tegasnya.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *