May 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Dukung Maslianawati Dorong Pelatihan di Seluruh Kukar

2 min read

Majelis Taklim Aswaja Kukar di Masjid Nur Hidayah Kota Bangun III Kecamatan Kota Bangun Darat.

Infoalima.com, Tenggarong – Pembina Majelis Taklim Aswaja Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah mendorong pelatihan Fardhu Kifayah di seluruh kecamatan se-Kukar. Menurutnya, pengetahuan tentang tata cara mengurus jenazah sesuai syariat Islam ini sangat penting bagi generasi muda.

“Pelatihan Fardhu Kifayah ini sangat penting untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan mengurus jenazah sesuai syariat Islam,” kata Maslianawati saat kegiatan Majelis Taklim Aswaja Kukar di Masjid Nur Hidayah Kota Bangun III Kecamatan Kota Bangun Darat, Senin (18/3/2024).

Maslianawati menjelaskan, pelatihan Fardhu Kifayah ini sebenarnya telah dilaksanakan tahun sebelumnya, namun belum menjangkau semua kecamatan. Oleh karena itu, ia berharap kegiatan tersebut dapat dilanjutkan mengingat pentingnya pengetahuan mengurus jenazah.

“Generasi muda harus tahu ini. Fardhu Kifayah ini penting karena sangat dibutuhkan orang yang faham mengurus jenazah sesuai syariat Islam,” ujarnya.

Ia berharap yang menjadi narasumber pelatihan nanti adalah perewa (pengurus jenazah) yang ada di kecamatan masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelatihan yang lebih kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Saya ingin generasi muda kita faham agama, dan berani tampil di masyarakat untuk memberikan manfaat,” demikian harapnya.

Maslianawati menargetkan pelatihan Fardhu Kifayah dapat dilakukan di seluruh 20 kecamatan se-Kukar dalam waktu dekat. Ia optimistis program ini dapat terlaksana dengan baik dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, organisasi keagamaan, dan masyarakat.

“Saya yakin program ini dapat terlaksana dengan baik jika kita semua bersinergi dan saling mendukung,” tuturnya.

Ia berharap program ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kukar, khususnya dalam hal pengetahuan dan pemahaman tentang Fardhu Kifayah.

“Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kukar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kukar, Arianto mengatakan akan mendukung program positif yang dilakukan oleh aswaja sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa

“Kami sejalan dengan Aswaja untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia bagi kesejahteraan, khususnya masyarkat yang ada di desa,” ucap Arianto.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Aswaja Peduli di Kota Bangun Darat, turut hadir Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta OPD lainnya yang terkait.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *