May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Transformasi Kinerja ASN: Andi Harun Dorong Perubahan di Samarinda

1 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Wali Kota Andi Harun menggarisbawahi urgensi manajemen kinerja yang efisien bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam sebuah pelatihan kepemimpinan di Samarinda. Pernyataan ini dia sampaikan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2024 di Auditorium Pustlatbang KDOD pada Kamis, 14 Maret 2024.

Dihadapan peserta yang terdiri dari lebih dari 40 ASN dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur, Andi Harun memaparkan bahwa manajemen kinerja yang efektif haruslah meliputi berbagai tahapan mulai dari perencanaan hingga pengawasan.

“Produktivitas yang optimal hanya dapat dicapai ketika kemampuan dan motivasi digabungkan secara seimbang. Keduanya saling melengkapi,” ungkapnya.

Selain membahas aspek manajemen kinerja, Andi Harun juga berbagi data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur. Data tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2023, yang mencapai 78,20 persen. Kota Samarinda bahkan mencatatkan IPM sebesar 82,32 persen, menandakan konsistensi peningkatan sejak tahun 2021.

Namun, meski IPM merupakan indikator yang penting, Andi Harun menegaskan bahwa keahlian dan keterampilan tetap menjadi aspek yang lebih esensial.

Selain itu, Andi Harun juga mengenalkan teori Piramida Maslow, yang menyoroti kebutuhan dasar kinerja pegawai, seperti keinginan akan prestasi, afiliasi, dan kekuasaan.

“Kita perlu mengelola aspek-aspek ini dengan profesionalisme agar dapat mencapai tujuan bersama,” pungkasnya. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *