May 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Menengok Festival Ramadan di Tenggarong Kukar

2 min read

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kukar menerangkan soal Festival Ramadan di kembali hadir di Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Infoalima.com, Tenggarong – Masjid Agung Sultan Sulaiman di Tenggarong akan menjadi pusat kegiatan Festival Ramadan yang berlangsung selama satu bulan penuh, mulai dari 11 Maret-10 April 2024. Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, mengungkapkan bahwa festival ini merupakan hasil koordinasi erat dengan pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman. “Kami berharap festival ini dapat menjadi wadah yang memperkaya pengalaman spiritual masyarakat selama bulan suci,” ujar Triyatma pada Kamis (14/3/2024).

Festival ini akan diisi dengan berbagai perlombaan yang mencakup hapalan surah pendek, qiroati, cerdas cermat, adzan, hadrah, fashion busana muslim, dai cilik, dan lomba membangunkan sahur. Selain itu, setiap hari akan ada penampilan musik religi yang menambah nuansa syahdu di pintu masjid dari sore hingga menjelang berbuka.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar perlombaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mengasah bakat dan kreativitas anak-anak serta remaja di Kukar,” tambah Triyatma.

Festival ini terbuka untuk umum, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi atau sekadar menikmati takjil di sekitar masjid. Dispar Kukar juga telah menyiapkan sistem pelaporan untuk para peserta. Lembaran kertas laporan akan diisi oleh pengurus masjid, mencatat keaktifan peserta selama bulan Ramadan.

“Ini adalah cara kami untuk mengapresiasi mereka yang paling rajin dalam ibadah,” kata Triyatma.

Dua panggung telah disiapkan untuk menampung berbagai kegiatan. Panggung kecil di Jalan Panjaitan akan menjadi lokasi acara di sore hari, sementara panggung utama di depan masjid akan digunakan untuk acara malam hari.

“Festival Ramadan di Masjid Agung Sultan Sulaiman diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kegembiraan dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah ini,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *