May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Musrenbang Muara Badak, DPMD Kukar : Fokus Perkuat Sinergi Pemerintah dan Masyarakat

2 min read

Musrenbang Muara Badak.

Infoalima.com, Tenggarong – Kecamatan Muara Badak menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025. Musrenbang ini mengusung tema “Pemantapan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Akselerasi Dan Transformasi Pembangunan”.

Kegiatan yang dibuka oleh Camat Muara Badak Arfan, S.Sos ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk DPMD Kutai Kartanegara, Anggota DPRD Provinsi Kaltim Dapil Kutai Kartanegara, Anggota DPRD Kab. Kutai Kartanegara Dapil III, Bappeda Kab. Kutai Kartanegara, OPD Kukar, seluruh Kepala Desa Muara Badak, unsur organisasi, Danramil Muara Badak, Kapolsek Muara Badak, Danpos Angkatan Laut Muara Badak, Dampol Airud Muara Badak, tokoh perempuan, dan perusahaan di Kecamatan Muara Badak.

Pembahasan utama dalam Musrenbang ini adalah pembangunan fisik seperti rumah sakit, sekolah, jembatan, dan jalan di Kecamatan Muara Badak. Hasil Musrenbang ini akan menjadi dasar penyusunan RKPD 2025 Kabupaten Kukar.

“Musrenbang merupakan sarana efektif untuk menjembatani Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam merancang program sesuai kebutuhan,” ujar Arfan.

Selain fokus pada pembangunan fisik, Musrenbang ini juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat. Arfan berharap dengan Musrenbang ini, sinergi antara pemerintah dan masyarakat dapat semakin kuat, sehingga pembangunan di Kecamatan Muara Badak dapat berjalan lebih optimal dan merata.

“Musrenbang ini bukan hanya tentang pembangunan fisik, tapi juga tentang pemberdayaan masyarakat. Kita ingin masyarakat terlibat aktif dalam proses pembangunan dan merasakan manfaatnya secara langsung,” jelas Arfan.

Selain itu, Kepala Dinas PMD Kukar, Arianto mengatakan musrembang harus melibatkan seluruh unsur termasuk masyarakat biasa, agar fokus perkuat sinergi pemerintah dan masyarakat.

“Musrembang harus melibatkan semua pihak, agar tidak terjadi ketimpangan pembangunan dan pembangunan jadi tepat sasaran,” ucap Arianto.

Musrenbang Muara Badak menghasilkan kesepakatan mengenai prioritas pembangunan di Kecamatan Muara Badak untuk tahun 2025. Diharapkan dengan sinergi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, pembangunan di wilayah ini dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang maksimal.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *