May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Taman Gubang, Wisata Eks Tambang yang Dibangun oleh Warga Kukar

2 min read

Taman Gubang bekas galian tambang yang terletak di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini punya wisata eks tambang yang dibangun oleh warga setempat, yaitu Taman Gubang. Taman Gubang adalah danau yang merupakan bekas galian tambang yang terletak di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Taman Gubang dibangun oleh Ahmadi, seorang pengelola wisata yang memiliki visi untuk memanfaatkan lubang eks tambang menjadi tempat wisata. Ahmadi mengatakan bahwa perencanaan Taman Gubang sudah dimulai sejak tahun 2014. Namun, karena adanya beberapa kendala, Taman Gubang baru bisa dibuka untuk umum pada pertengahan Juni 2020 lalu.

“Kami bersama warga sekitar sini memanfaatkan lubang eks tambang menjadi tempat wisata, tidak hanya itu kami juga menyediakan perahu untuk pengunjung agar dapat mengarungi danau,” ujar Ahmadi.

Ahmadi juga mengungkapkan bahwa pengelolaan Taman Gubang tidak hanya untuk kepentingan pribadinya, tetapi juga untuk kepentingan warga sekitar, terutama warga kampung Kajang. Ia berharap Taman Gubang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak hanya peduli kepada masyarakat dan lingkungan, Ahmadi juga peduli kepada pemerintah. Ia mengatakan bahwa selama dua tahun ini, Taman Gubang telah berkontribusi kepada pemerintah daerah melalui pajak. Ia mengikuti aturan yang berlaku, yaitu 10 persen pajak untuk tiket masuk dan 20 persen pajak untuk wahana.

“Kami sudah memberikan kontribusi ke pemerintah daerah yakni pajak, untuk tiket masuk sesuai peraturan daerah 10 persen, kalau wahana 20 persen pajaknya. Jadi total sekitar nilai pajak dalam setahun kurang lebih 50 juta, sejauh ini pemerintah daerah mendukung kami dan kami mengikuti aturan yaitu wajib pajaknya,” jelas Ahmadi.

Pihak Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar sendiri melalui Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata, M Ridha Fatrianta, Senin (5/2/2024) mengatakan bahwa Taman Gubang merupakan salah satu wisata yang telah berkontribusi ke daerah. Ia mengatakan bahwa pengelolaan Taman Gubang sudah cukup baik dan mendapat penghargaan pemberdayaan masyarakat dan lingkungan dari Dispar Kukar pada bulan Desember tahun lalu.

“Taman Gubang sudah berkontribusi untuk daerah, artinya mereka sejauh ini pengelolaan wisata sudah cukup baik. Dan termasuk wisata yang mendapat penghargaan pemberdayaan masyarakat dan lingkungan dari Dispar Kukar pada bulan Desember tahun lalu,” terang Ridha Fatrianta. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *