May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pastikan Pengairan Pertanian Berjalan Optimal, Desa Manungggal Jaya Benahi Irigasi

1 min read

Kades Manunggal Jaya, Sukemi.

Infoalima.com, TENGGARONG – Pemerintah Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, melakukan normalisasi irigasi sepanjang 1 kilometer.

Kepala Desa Manunggal Jaya, Sukemi mengatakan, normalisasi aliran irigasi pertanian tersebut memiliki sejumlah manfaat.

Salah satu manfaat yang sedang dijalankan saat ini adalah memastikan agar irigasi dan pengairan pertanian setempat selalu berfungsi optimal.

Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa petani di Manunggal Jaya tidak mengalami kendala dalam menjalankan usaha pertanian mereka.

“Saat ini pemerintah desa melakukan normalisasi untuk mempermudah aliran air menuju lokasi pertanian warga,” kata Sukemi.

Sebagaimana diketahui, hasil sektor pertanian merupakan salah satu sumber penghasilan utama warga Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Hampir seluruh penduduk desa, mayoritasnya berprofesi sebagai petani padi sawah dan hortikultura. Sebab itu, pemerintah setempat kini berupaya meningkatkan infrastruktur pertanian dengan normalisasi aliran irigasi.

Sukemi juga menyatakan bahwa normalisasi aliran irigasi ini merupakan bagian dari rencana desa untuk meningkatkan hasil produksi pertanian setempat. Dengan demikian, diharapkan pendapatan petani Manunggal Jaya juga ikut meningkat.

Untuk melancarkan proses normalisasi aliran irigasi, pemerintah desa menggunakan anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2023.

“Ditargetkan seluruh normalisasi aliran irigasi pertanian desa selesai pada akhir 2023,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *