May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Prioritaskan Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat, Rp 68 Miliar Dialokasikan Untuk Bangun SPAM

1 min read

Ilustrasi SPAM di Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar.
Terus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan air bersih di seluruh Masyarakat Kukar.

Hal ini dibuktikan dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang terus digencarkan Disperkim Kukar. Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan, Disperkim Kukar, Supriyadi Agus mengatakan, sepanjang tahun 2023 ada 60 proyek pembangunan SPAM yang tengah dilakukn Disperkim Kukar.

Pembangunan ini mendapat alokasi anggaran sekira Rp 68,5 miliar. Dari anggaran tersebut, Rp 19 miliar digunakan untuk pembangunan infrastruktur SPAM. Sementara sisanya, sekira Rp 49,5 miliar, dialokasikan untuk perluasan jaringan SPAM yang sudah ada di seluruh desa Kukar.

Saat ini, 17 infrastruktur SPAM baru telah dibangun di delapan kecamatan berbeda, sedangkan 24 proyek bertujuan meningkatkan kapasitas SPAM, dan 19 kegiatan lainnya berfokus pada perluasan jaringan infrastruktur SPAM.

“Program pembangunan SPAM ini akan selesai pada 2024. Penambahan kapasitas infrastruktur SPAM mencakup peningkatan produksi air baku dan perubahan tandon-tandon menjadi Water Treatment Plant (WTP),” beber Supriyadi, Selasa (7/11/2023).

Pada tahap perluasan jaringan SPAM, akan ditambahkan pipa ke rumah-rumah warga penerima manfaat, sesuai dengan penambahan jumlah sambungan di masing-masing desa.

“Di masa depan, SPAM yang dibangun oleh pemerintah daerah akan dikelola oleh desa penerima manfaat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mulai dari perawatan hingga pembiayaan bulanan,” lanjutnya.

Program ini merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026, yang ditargetkan selesai pada akhir 2023, dengan fokus pada pembenahan SPAM yang sudah dibangun. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *