May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DiskopUKM Kukar Gelar Berbagai Pelatihan Untuk Pelaku UMKM Sepanjang Tahun 2023

1 min read

Kepala DiskopUKM Kukar, Tajudin.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kutai Kartanegara (Kukar) gelar berbagai program pelatihan untuk memberdayakan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sepanjang tahun 2023.

Kepala DiskopUKM Kukar, Tajuddin, menjelaskan bahwa program mereka telah hampir selesai, termasuk dalam bidang koperasi dan UMKM. Mereka menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM, seperti pelatihan kewirausahaan, pengolahan, keamanan pangan, dan sertifikasi halal.

Selain itu, DiskopUKM bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Universitas Mulawarman (Unmul) dan Universitas Islam Negri Samarinda (UINSI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi halal.

“Kami juga telah memberikan pelatihan akuntansi kepada 20 koperasi untuk memastikan akuntabilitas dan pertanggungjawaban yang baik.” kata Tajuddin Senin (6/11/2023).

Tajuddin mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan, termasuk pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain pelatihan, DiskopUKM juga memberikan bantuan sarana kepada UMKM melalui dana dari pihak dewan melalui pokir dalam APBD-P 2023. Ia berharap bahwa para peserta pelatihan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Upaya ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM di Kukar untuk mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kukar.” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *