May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kecamatan Tenggarong Fokus Benahi Saliran Irigasi

1 min read

Camat Tenggarong, Sukono.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kecamatan Tenggarong fokus lakukan normalisasi parit dan saluran irigasi di seltor pertanian. Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2023.

Hal ini disampaikan langsung oleh Camat Tenggarong, Sukono. Ia juga mengatakan, 14 desa dan kekurahan yang ada di Kecanmatan Tenggarong telah menerima alokasi anggaran yang diperuntukan untuk membenahi saluran pengairan.

Pembenahan saluran irigasi di sektor pertanian ini, dilakukan untuk mendukung program Pemerintah Kabupten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Saat ini kita fokuskan dibeberapa kelurahan dan desa, seperti Maluhu, Bukit Biru, Loa Ipuh Darat, Jahab, Bendang Raya, dan Rapak Lambur,” terang Sukono, Senin (30/10/2023).

Dengan perbaikan sejumlah saluran irigasi yang menjadi penunjang sektor pertanian, Sukono berharap dapat meningkatkan produktifitas petani di Kecamatan Tenggarong.

“Karena pak Bupati juga sudah berpesan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” katanya.

Ia menambahkan, normalisasi saluran air tidak hanya dilakukan di sektor pertanian, tapi juga menyasar saluran air di tengah pemukiman warga. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi bahaya banjir ketika musim hujan melanda.

“Sekarang ini kan banyak sekali parit buntu. Akibat banyak sekali pembangunan-pembangunan di kelurahan dan RT, makanya ini kita lakukan normalisasi. Supaya fungsi paritnya ini bisa maksimal dalam mengakirkan air,”pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *