May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Desa Sumbersari Teris Dipersiapkan Jadi Lumbung Pangan

1 min read

Camat Loa Kulu, Ardiansyah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Desa Sumbersari Kecamatan Loa Kuku, terus dipersiapkan untuk mendukung rencana menjadikan Kutai Kartanegara (Kukar) lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (30/10/2023).

Diketahui, Desa Sumbersari merupakan desa yang dikenal memiliki penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Yang dikenal dengan hasil produksi pertanian dan hortikultura nya.

Potensi ini pun didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, dengan memberikan pembinaan pertanian di Desa Sumbersari. Tidak hanya itu, penguatan sektor pertanian di Desa Sumbersari juga didukung oleh pihak Kecamatan.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi berbagai kegiatan di Desa Sumbersari, baik infrastruktur maupun bantuan lainnya. Hal ini dilakukan untuk penguatan sektor pertanian dan holtikultura di desa tersebut.

“Kita sudah memfasilitasi semua kegiatannya, baik infrastrukturnya, baik itu bantuan dari pemerintah kabupaten melalui Pak Bupati, OPD hingga dinas-dinas yang terkait, maupun dari kebijakan kewenangan dari pemerintah daerah,” kata Ardiansyah.

Menurut Ardiansyah, Desa Sumbersari dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan kearifan lokal yang mereka miliki. Dengan demikian, desa-desa dapat siap menyambut ibu kota negara yang akan dipindahkan ke Kalimantan.

“Untuk harapannya sendiri ke desa-desa yang lain, tiru di mana ada kearifan lokal yang harus bisa dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan desa,” sebutnya.

“Baik melalui pariwisata, pertanian, perikanan maupun perkebunan. Dan untuk kedepannya desa itu bisa lebih maju lagi dari sekarang, artinya bisa menciptakan desa yang mandiri,” begitu pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *