May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kelurahan Melayu Bakal Punya Bank Sampah Lengkap Dengan Mesin Pengolah

1 min read

Ilustrasi Bank Sampah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong, berencana membangun bank sampah pada tahun 2024 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Lurah Melayu, Aditiya Rakhman. Selasa (24/10/2023).

Pembangun bank sampah ini dimaksudkan, untuk memanfaatkan sampah yang kerap menjadi masalah menjadi bahan yang memiliki nilai jual. Selain itu, juga sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari penjualan sampah rumah tangga.

Diketahui, saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan gedung bank sampah yang nantinya akan digunakan. “Kalau bangunannya sudah ada di 2024, mau di optimalkan untuk pengolahannya,” katanya.

Tidak hanya pembangunan gesung untuk mengelola sampah, Kelurahan Melayu juga berencana untuk melakukan pengadaan mesin untuk mengilah sampah. Berupa mesin press dan pengolah kompos.

Sejatinya, Aditiya menuturkan selama ini benerapa RT di Kelurahan Melayu telah memiliki bank sampah yang dikelola secara suadaya oleh masyarakat. “Bank sampah itu berada di RT 47, 38, 42, dan 34,” sambung Aditiya.

Kedepan, pihaknya juga mengaku akan melakukan sosialisasi pada seluruh warganya. Agar setiap RT bisa memiliki bank sampah. “Itu sudah kami sudah sampaikan ke semua Ketua RT,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *