May 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Akhir Tahun 2024, DPMD Kukar Sebut Tidak Ada Desa Tanpa Listrik

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar), Arianto pastikan seluruh wilayah di Kukar sudah teraliri listrik pada akhir tahun 2024.

Arianto percaya diri, program Terang Kampongku yang tertuang dalam Rencana Pembanguna Jangkan Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026 bisa di tuntaskan pada akhir tahun depan.

Sejak dimulainya program ini, Arianto mengatakan sudah banyak wilyah yang merasakan manfaat dari program ini. Seperti Desa Sebelimbingan Kecamatan Kota Bangun, Dusun Pendamaran Desa Tuanan Tuha, Desa Teluk Muda, Kecamatan Kenohan, serta Desa Tanjung Batuq Harapan, Kecamatan Muara Muntai.

“Alhamdulilah program Terang Kampongku ini terus berjalan dan berhasil menerangi desa-desa di Kukar,” kata Arianto, Senin (23/10/2023).

Ia juga menjelaskan, dalam upaya memberikan pelayanan listrik dasar bagi seluruh masyarakat Kukar. Pihaknya menggunakan dua metode, yakni bekerja sama dengan PLN dalam membangun jaringan listrik dibtenlt yang masih memungkinkan. Dan, mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di wilyah yang tidak memungkinkan dibangun jaringan listrik.

“Secara hitung-hitungan, untuk hitungan pemenuhan, ini kalau sudah terbangun pekerjaan sampai Desember, itu enggak ada lagi desa yang belum berlistrik, bebernya.

PLN juga tengah berusaha menyelesaikan pengaliran listrik ke sejumlah Desa di Kukar. Arianto mengungkapkan bahwa Desa Lamin Pulut dan Lamin Telihan Kecamatan Kenohan akan mendapatkan aliran listrik dari PLN.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, PLN akan memulai pembangunan jaringan listrik ke dua desa tersebut pada Februari 2024. “Sudah masuk dalam program prioritas,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *