May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pemdes Jembayan Juga Kembangkan Sektor Pertanian

1 min read

Ilustrasi kawasan pertanian di Desa Jembayan.

Infoalima.com, TENGGARONG – Selaras dengan rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN). Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kuku terus kembangkan sektor pertanian, Senin (23/10/2023).

Upaya pengembangan sektor pertanian di Desa Jembayan juga mendapat perhatian dari Pemkab Kukar. Belum lama ini, para petani di Desa Jembayan menerima bantuan berupa Sarana dan Prasarana (Sapras) pertanian.

Bantuan ini disalurkan untuk meningkatkan produktivitas hasil panen pra petani di Jembayan. Diketahui lahan pertanian di Desa Jembayan memiliki luas mencapai 300 hektar dan didominasi oleh sawah dan kebun sayur.

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli mengatakan, bantuan sapras pertanian yang diberikan oleh Pemkab Kukar dinilai akan sangat membantu para petani.

“Selain alat pertanian, Desa kami (Jembayan) juga pernah mendapat bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah,” kayanya.

Ia juga berharap, para petani di desanya bisa menerima kembali bantuan berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemkab kukar. Guna meningkatkan produktivitas para petani.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil produksi para petani, Jamli mengaku, Pemdes setempat sering melakukan pelatihan peningkatan keterampilan. Pelatihan ini bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Loa Kulu.

“Kalau petani minta pelatihan tanam cabai kita undang ahlinya. Begitu pun padi dan sayur mayur. Pokoknya bergantung permintaan petani. Kami fasilitasi melalui anggaran desa,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *