May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Gencarkan Pelatihan Untuk Pengurus BUMDes

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dorong perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar secara berkala terus mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas Pemguris BUMDes, Senin (23/10/2023).

Kepala DPMD Kukar, Arianto menjelaskan, pelatihan manajemen yang diberikan kepada pera pengurus BUNDes tersebut meliputi. Pelatihan pembuatan laporan dan manajemen keuangan.

“Pelatihan ini kuta berikan agar BUMDes ini bisa dikelola dengan baik dan profesional,” kata Arianto.

Dengan dilaksanakannya pelatihan yang selama ini rutin digelar oleh DPMD Kukar tersebut. Arianto berharap dapat membawa perubahan dalam pengelolaan dan manajerial BUMDes menjadi lebih baik.

Menurutnya, bila BUMDes dapat dikelola dengan baik dan dengan manajerial yang profesional. Maka BUNDes tersebut dapat berkembang dengan cepat dan berkontribusi dalam pembanguna desa.

Kata Arianto, pengelolaan BUMDes secara profesional akan mendorong penambahan unit usaha. Sehingga BUMDes dapat berkontribusi meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Ketika BUMDes ini kelola dengan baik dan keuntungan laba banyak, maka akan menyumbangkan PADes yang banyak,” tambahnya.

Untuk menghasilkan laba yang banyak, Arianto berpandangan, BUMDes harus memiliki SDM yang profesional serta mempunyai kapasitas yang mumpuni. Mengingat banyak desa di Kukar yang memiliki potensi berkembang sangat besar, jika berhasil dikelola dengan baik.

“Selain SDM berkualitas, yang penting berintegritas, punya dedikasi, integritas, karena banyak BUMDes bermasalah. Ketika desa melakukan penyertaan modal, itu disalahgunakan,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *