May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Objek Wisata Kukar Sudah Hasilkan PAD

1 min read

Kabid Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Muhammas Ridha Fatrianta.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sejumlah objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) terbukti mampu berikan berikan sumbangsih bagi Pemdapatan Asli Daerah (PAD) Kukar, Senin (23/10/2023).

Saat ini ada sekitar lima objek wisata, yang dikelola langsung oleh Dispar Kukar. Yakni Pulau Kumala, Kolam Pemancingan, Pantai Tanah Merah dan termasuk Planetarium.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Muhammas Ridha Fatrianta mengatakan. Tanah Merah masih menjadi objek wisata yang paling banyak memberikan sumbangsih bagi PAD Kukar.

“Jadi memang sektor pariwisata ini juga memberikan sumbangsih untuk PAD Kita (Kukar), hanya saja memang jumlahnya belum begitu besar,” ungkap Ridha.

Selain destinasi wisata yang dikelola secara langsung oleh Dispar, Ridha juga mengatakan objek wisata yang dikelola oleh swasta juga berkontribusi bagi PAD Kukar. Hanya saja PAD objek wisata yang dikelola oleh swasta masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Sektor pariwisata yang dikelola oleh swasta juga memberikan kontribusi pajak hanya saja masuk ke Bapenda,” tambahnya.

Untuk meningkatkan PAD dari sektor wisata, Ridha mengatakan Dispar akan terus melakukan pembenahan dan renovasi pada sejumlah tempt wisata. Dengan menggunakan APBD-P 2023, sejumlah objek wisata akan dilakukan perbaikan fasilitas.

“Kedepan kita juga akan coba fasilitasi beberapa pengelola wisata yang dikelola oleh swasta untuk membuat aplikasi pembayaran parkir, agar masuk di kas daerah,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *