May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 128 Titik

1 min read

Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma Pratama.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sebagai upaya menekan angka inflasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar.
akan menggelar operasi pasar murah di 128 titik yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kukar.

Rentetan operasi pasar ini akan terus di lakukan hingga bulan Desember mendatang. Awalnya, Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma Pratama mengatak, pihaknya berencana melakukan operasi pasar murah di 300 titik.

Namun rencana itu urung terlaksana, setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi dan mendapati perubahan kebijakan dari Bulog. Sebagai salah satu mitra Disperindag dalam melakukan operasi pasar murah.

“Kita mengurangi target itu karena ada aturan baru dari pihak Bulog Samarimda. Setelah kita melaksanakan operasi pasar sebanyak 56 kali kemarin,” katanya, Kamis (19/10/2023).

Boma menerangkan, sebelumnya subsidi biaya angkut yang harus di bayarkan di seluruh wilayah di Kukar di pukul rata. Namun dengan aturan baru dari Bulog, mengharuskan biaya angkut batang tersebut disesuaikan dengan lokasi kegiatan. Sehingga jumlah titik operasi dilakukan penyesuaian.

Dalam operasi pasar kali ini, Boma juga mengatakan pihaknya menargetkan untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit di akses, salah satunya adalah Desa Jantur Kecamatan Mura Mumatai.

Desa ini dipilih karena memiliki jumlah populasi penduduk yang terbilang besar, namun sulit di akses lantaran akses menuju Desa Jantur harus menggunakan jalur transportasi air.

“Kita akan berkerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, untuk melakukn operasi pasar di sana (Desa Jantur). Nanti kita angkut bahan pangan itu dengan model transportasi air,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *