May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pemkab Tunjuk Kelurahan Maluhu Ikut Penilain Adipura 2023

1 min read

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, turut mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam pemilain Adipura tahun 2023
Kategori kawasan Permukiman dan Bank Sampah.
Penilaian ini dilakukan oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tanggal 2 – 4 Oktober 2023 lalu. Dipilihnya Kelurahan Maluhu sebagai perwakilan Kukar dalam penilaian Adipura, tidak terlepas dari peran Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

Ia sukses menjadi pionir bagi seluruh masyarakat Maluhu, dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mengatur tatanan permukiman dengan baik.
“Tahun ini, Kelurahan Maluhu menjadi perwakilan Kukar dalam penilaian Adipura. Wilayah yang dinilai mencakup kawasan perkantoran, pertokoan, dan permukiman. Kelurahan Maluhu bertanggung jawab atas penilaian kawasan permukiman dan bank sampah.” Jelas Joko Selasa (10/10/23).

Joko mengatakan, penilaian Adipura dilakukan setiap tahun, tetapi Kukar sudah lama tidak mendapatkannya. Dimana Kukar terakhir mendapat piala Adipura pada tahun 2014 silam.

Berdasarkan penuturan Joko, para penilai dari tim Adipura memberikan respons yang baik terhadap apa yang disajikan oleh Maluhu. Masyarakat Maluhu memiliki budaya kebersihan yang kuat, termasuk gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan mereka. 

Ia menyebut sebelum penilaian tim Adipura, Kelurahan Maluhu telah melakukan berbagai upaya untuk mempercantik lingkungan mereka, seperti pembuatan taman, lomba kebersihan, dan lainnya. 

Selama penilaian, tim Adipura bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar dan Kelurahan Maluhu sebagai tim pembantu. 

”Kami berharap bahwa hasil penilaian ini dapat memberikan hasil yang positif dan memungkinkan kita mendapatkan penghargaan Adipura lagi, yang merupakan penghargaan prestisius untuk kebersihan lingkungan di Indonesia.” tandasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *