May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Komitmen Tingkatkan SDM, Pemkab Kukar Terus Sakurkan Beasiswa Kukar Idaman

2 min read

Kabag Kesra Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza

Infoalima.com, TENGGARONG – Komitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus memberikan bantuan danan pendidikan melalui Beasia Kukar Idaman. Program yang termasuk dalam Program Dedikasi Kukar Idaman ini, baru-baru inj membuka pemdaftaran beasiswa untuk Pelajar, Santri, Mahasiswa, bahkan hingga guru, Senin (9/10/2023).

Pada tahun ini saja, Pemkab Kukar membuka pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman sebanyak dua tahap pendaftaran. Yang pertama di awal tahun, dan tahap kedua di bulan Oktober ini.

Pendaftaran beasiswa ini pun banyak diminitai oleh sekeruh pelajar, santri dan mahasiswa di Kukar. Oleh sebab itu Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Kukar Dendy Irwan Fahriza meminta agar pendaftar untuk terus mencoba apabila pengajuan beasiswa mereka tidak lolos.

“Memang kita buka dua kali dalam satu tahun dan tidak menutup kemungkinan adanya pendaftar yang tidak lolos syarat administrasi atau lainnya. Jadi jangan putus asa, ikuti saja sesuai persyaratan,” sampi Dendy.

Dalam pendaftaran administrasi, Dendy juga minta para pendaftar untuk memerhatikan dengan seksama sesuai persyaratan. Terutama dokumen-dokumen yang asli untuk discan dan disubmit ke web. Pun, masalah yang sering dihadapi para pendaftar. Yakni membantu teman mendaftar. Dimana temannya yang dibantu daftar lolos. Sedangkan yang membantu tidak lolos.

Dendy himbau agar perihal ini dapat menjadi pembelajaran. Agar pendaftar tidak gegabah selama pendaftaran sehingga mengakibatkan tidak lolos. Namun, Dendy juga meminta agar mereka tidak putus asa. Dikarenakan program ini selalu hadir setiap tahun. Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat Kukar untuk tidak ragu mengajukan pendaftaran ke Beasiswa Kukar Idaman.

“Kalau memang tidak lolos, masih ada di tahapan kedua. Dan di tahun depan kami juga membuka lagi kuota Beasiswa Kukar Idaman. Rencananya bulan Februari sudah dibuka. Jadi tetap semangat adik-adik, tahun depan kita mulai lebih awal agar bisa mengcover pembayaran SPP di bulan Mei dan Juni sehingga tepat sasaran,” tegasnya.

Untuk diketahui, Beasiswa Kukar Idaman ini terdiri dari beasiswa stimulan dan beasiswa 1.000 guru sarjana. Di tahun 2023 ini, tahap pertama membuka kuota bagi 800 penerima beasiswa stimulant. Pagu anggaran di tahap kepertama ini mencapai Rp 20 Miliar. Sedangakan untuk tahap kedua, Rp 5 Miliar dipersiapkan untuk 983 penerima.

“Untuk tahap kepertama kemungkinan bulan Oktober ini cair, tinggal menunggu SK Bupati. Sedangkan untuk tahap kedua rencananya minggu kedua bulan Desember. Nominal beasiswa stimulant tahun ini meningkat, jadi penerima akan mendapatkan bantuan Rp 5 Juta,” tutup Dendy. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *