May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Antisipasi Kebakaran Kawasan Pemukiman, 20 Orang Ikuti Pelatihan Balakarcana Kelurahan Baru

1 min read

Suasana pelatihan Balakarcana di Kelurahan Baru.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sebagai upaya mengantisipasi kebakaran kawasan pemukiman yang marak terjadi di Kutai Kartanegara (Kukar). Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran. Berlangsung di Balai Pertenuan Umum (BPU) Kelurahan Baru pada Selasa (10/10/23).

Diikuti oleh 20 orang peserta dan turut menghadirkan narasumber dari Basarnas Samarinda, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kukar.

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda mengatakan. Kegiatan ini sengaja digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat saat menghadapi kobaran api.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan semangat masyarakat di Kelurahan Baru terkait pemadam kebakaran. Setelah pelatihan, Kelurahan Baru akan melanjutkan rekrutmen terkait arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar untuk program relawan,” terang Bayu.

Sementara itu, Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda Riqi Efendi mengatakan, pelatihan ini mencakup ilmu Pertolongan Pertama Medis (Medical First Responder/MFR) untuk memberikan pengetahuan mengenai pertolongan pertama saat menemukan korban.

MFR merupakan langkah awal dalam tim penyelamatan yang bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri, lingkungan, tim, dan korban.

“Peserta diharapkan memahami kompetensi yang diperlukan dan terus berlatih, karena ilmu-ilmu ini terus berkembang.” Pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *