May 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Penghargaan KemenPAN-RB Diberikan kepada Program Kampung Raja Mapan yang Digagas Edi-Rendi

2 min read

InfoAlima.com – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kutai Kartanegara) berhasil meraih penghargaan nasional sebagai Kawasan Masyarakat Pertanian Unggulan Rakyat Sejahtera Mandiri Pangan (Kampung Raja Mapan) dalam ajang Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Penghargaan ini diberikan kepada Pemkab Kukar atas keberhasilannya dalam menciptakan inovasi pelayanan publik yang berdampak positif bagi masyarakat, khususnya para petani. Program Kampung Raja Mapan telah memberikan perhatian khusus kepada para petani dengan menyediakan pupuk, alat dan mesin pertanian, pelatihan, dan keperluan lainnya yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, merasa bersyukur atas keberhasilan Pemkab Kukar meraih penghargaan nasional ini. Baginya, prestasi ini merupakan pengingat penting untuk terus meningkatkan keberpihakan terhadap para petani, sehingga bantuan yang mereka perlukan dapat diakses dengan lebih mudah.

“Kami merasa bahagia dan bersyukur atas penghargaan ini. Keberpihakan terhadap petani harus terus ditingkatkan, sehingga persoalan yang mereka hadapi dapat segera diatasi,” ujar Rendi.

Selain itu, Rendi juga menegaskan bahwa prestasi ini bukan semata-mata untuk mencari pengakuan, tetapi merupakan kewajiban pemerintah untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada para petani yang berperan penting dalam ketahanan pangan negara.

Sebagai informasi, KIPP 2023 telah menghasilkan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji yang meliputi 45 inovasi kelompok umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation. Penilaian yang dilakukan secara independen dan akuntabel oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen dari KemenPAN-RB menunjukkan keberhasilan Kampung Raja Mapan dalam menciptakan inovasi pelayanan publik yang berdampak positif bagi masyarakat.

Dalam sambutan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, yang dikutip dari laman resmi KemenPAN-RB, memberikan apresiasi kepada semua peserta KIPP yang telah berhasil meraih penghargaan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023. Diah mendorong pimpinan instansi untuk menerapkan inovasi yang ada di wilayahnya dalam skala yang lebih luas, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat.

“Finalis Top Inovasi, yang terdiri dari Top 99 inovasi kelompok umum dan Top 15 inovasi kelompok khusus, telah menjalani proses penilaian lanjutan berupa presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan,” ucap Diah Natalisa, dikutip dari laman resmi KemenPAN-RB, Selasa (1/8/2023).

Prestasi ini semakin mengukuhkan komitmen Pemkab Kukar dalam memajukan sektor pertanian dan kesejahteraan petani. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk memberikan dukungan dan perhatian serupa terhadap para petani, sehingga Indonesia semakin unggul dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan negara semakin terjamin.**

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *