July 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DKP Kukar Kenalkan Mesin Ketinting, Untuk Dukung Produktifitas Nelayan

2 min read

Sosialisasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggaet Perusahaan asli Indonesia dalam pengadaan mesin kapal bagi para nelayan di seluruh wilayah.

Bertempat di ruang rapat,pada Kamis 04 Juli 2024, DKP melakukan kegiatan sosialisasi kepada para perwakilan nelayan guna memperkenalkan merk mesin diesel bernama Shark yang notabanenya adalah produk asli Indoensia.

Selain memperkenalkan mesin diesel asli Indonesia, nenurut, Kepala Bidang P2T, Asli Husaini, menjelaskan tujuan diadakannya sosialisasi ini juga sebagai wujud manifestasi program dedikasi Bupati Kukar dan Wakilnya, Edi-Rendi yaitu Kukar Idaman.

“Program dedikasi Bupati jadi begini sebenarnya ini termasuk bagian pak daripada agenda kita mendukung program dedikasi daripada Bupati Kutai Kartanegara mengenai fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana Bagi nelayan dan pembudidaya ikan,” ucap Asli Husaini, saat dijumpai oleh para awak media.

Lebih lanjut, Asli menjelaskan dalam hal penyediaan sarana para nelayan, salah satunya mesin kapal dan mesin ketinting, Pemkab Kukar merujuk dari Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan produk dalam negeri

“Nah di dalam persyaratannya dalam belanja barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah itu harus menggunakan produk dalam negeri,” ungkap Kabid P2T.

Asli Husain lebih merincikan terkait pembelanjaan barang dalam negeri kandungannya dalam negeri Pak Nah jadi di sini tingkat kandungan harus lebih besar atau sama dengan 25% kemudian BMP-nya atau bobot manfaat perusahaannya itu lebih besar atau sama dengan 40%.

“Nah untuk produk dari untuk sarana mesin ini untuk ketinting dan mesin diesel. Nah ini produk shark ini pak yang sudah memenuhi persyaratan tersebut sehingga untuk pengadaan kita di tahun 2024,”pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *