June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kegiatan Lomba Desa oleh DPMD Kukar Sebagai Langkah Menuju Kesejahteraan Masyarakat

2 min read

DPMD Kukar menyelenggarakan lomba desa di Hotel Swissbell Samarinda.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah sukses menyelenggarakan lomba desa pada tanggal 22 Mei 2024 di Hotel Swissbell Samarinda. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif untuk menilai dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di Kukar.

Ajissius, Ketua Pelaksana Teknis Kegiatan, mengungkapkan bahwa enam desa telah berpartisipasi dalam lomba ini, dan empat di antaranya telah berhasil lolos ke babak presentasi. “Kami telah menilai setiap desa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh Peraturan Daerah tentang evaluasi perkembangan desa,” ujar Ajissius.

Desa-desa yang berhasil lolos dari seleksi tingkat kecamatan dan berhak melanjutkan ke tingkat kabupaten adalah Desa Jembayan Tengah, Desa Kayu Batu, Desa Lebak Mantan, dan Desa Tanah Datar. “Hanya desa yang memenuhi kriteria Peraturan Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang berhak untuk melanjutkan,” tambah Ajissius.

Sekretaris DPMD Kukar, M Yusran Darma, menyoroti pentingnya kegiatan ini sebagai alat evaluasi dan pengembangan desa. “Setelah kunjungan lapangan ke desa-desa, kami mengundang mereka untuk mempresentasikan perkembangan yang telah mereka capai,” kata Darma.

Lomba ini merupakan bagian dari kegiatan tahunan yang dilakukan oleh DPMD Kukar untuk memantau perkembangan desa dan potensi mereka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami mengevaluasi dan menentukan status desa, apakah mereka berkembang atau cepat berkembang,” jelas Darma.

Akhmad Taufik, Asisten I Setkab Kukar, menekankan bahwa lomba ini adalah kesempatan bagi desa untuk mendukung program prioritas bupati dan wakil bupati Kukar, terutama di bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. “Kami ingin desa-desa fokus pada tiga bidang ini untuk membantu pencapaian program pemerintah,” ujar Taufik.

DPMD Kukar pada kesempatan ini hanya menangani lomba desa, sementara lomba kelurahan menjadi tanggung jawab Pemkab Kukar. “Kami mendorong desa dan kelurahan untuk fokus pada program-program prioritas,” tutup Taufik. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *