June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Inisiatif DPMD Kukar Menggerakkan Ekonomi Desa Melalui Pariwisata

1 min read

Arianto, Kepala DPMD Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam langkah strategis untuk memajukan ekonomi desa dengan mengandalkan sektor pariwisata, Arianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kutai Kartanegara (DPMD Kukar), menyoroti peran vital Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Visi utama kami adalah menjadikan Bumdes sebagai motor penggerak yang efektif, memaksimalkan potensi lokal untuk meningkatan pendapatan desa,” ucap Arianto.

Arianto menambahkan, integrasi antara pengelolaan pariwisata desa dan Bumdes diharapkan akan memperkuat ekonomi desa di Kutai Kartanegara. Dia menekankan bahwa beberapa desa di Kukar telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengembangan pariwisata, berkat kerjasama dengan Bumdes.

“Kemitraan antara usaha pribadi dan Bumdes menjadi kunci sukses untuk kesejahteraan desa,” lanjutnya.

Arianto juga menyatakan harapannya bahwa upaya ini akan menguatkan ekonomi desa dan meningkatkan kesejahteraan penduduk, terutama di desa-desa wisata di Kukar yang memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan.

“Dengan komitmen yang solid, kami bertujuan untuk menciptakan sinergi yang efisien antara pemerintah desa, komunitas setempat, dan pengusaha pariwisata,” tutup Arianto dengan penuh semangat. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *