June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Langkah Strategis DPMD Kukar Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Kesehatan Via Pelatihan Kader Posyandu

1 min read

Arianto, Kepala DPMD Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam upaya menguatkan pilar kesehatan di Kutai Kartanegara, Arianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD Kukar), telah memprakarsai sebuah program untuk mengasah keahlian kader posyandu. Inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan kader terampil yang menjadi tantangan utama dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di wilayah tersebut.

“Kami telah berhasil melaksanakan pelatihan untuk lima kader di tiap posyandu se-Kukar pada tahun sebelumnya, dan kami bertekad untuk melanjutkan serta memperluas program pelatihan ini,” kata Arianto dengan semangat.

Untuk tahun berjalan, DPMD Kukar telah menetapkan target pelatihan intensif bagi dua kader posyandu di setiap desa. Program ini diharapkan dapat memotivasi partisipasi aktif dari penduduk desa dalam memajukan layanan kesehatan di lingkungan mereka.

“Kami sudah mengusulkan dana pelatihan untuk 1590 kader posyandu, yang kini tengah berpartisipasi dalam serangkaian pelatihan insentif,” terang Arianto.

Pelatihan yang dirancang secara khusus ini bertujuan untuk membekali kader dengan pengetahuan dan kemampuan yang esensial untuk menyediakan layanan kesehatan yang prima.

Setelah menyelesaikan rangkaian pelatihan, para kader diharapkan dapat kembali ke posyandu di desa mereka dan mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh. “Para kader yang telah terlatih ini akan menjadi pilar utama layanan kesehatan di desa. Tanpa pelatihan yang memadai, kualitas layanan kesehatan yang kami sediakan tidak dapat kami jamin,” tegas Arianto.

DPMD Kukar, dengan fokus pada pelatihan berkualitas, berambisi untuk menghadirkan transformasi signifikan pada sistem kesehatan di tingkat desa. “Ini merupakan langkah krusial untuk menjamin setiap individu di Kukar mendapatkan akses layanan kesehatan yang layak,” pungkas Arianto dengan penuh harapan. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *