June 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Analisis DPMD Kukar atas Usulan Peningkatan Anggaran RT

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sebuah usulan yang menggambarkan keinginan komunal telah diajukan oleh para Ketua RT dan warga di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang menyarankan peningkatan anggaran Program dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta per RT. Inisiatif ini diarahkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar telah merespons dengan menyatakan bahwa usulan tersebut sedang dalam tahap evaluasi yang cermat. “Kami sedang mempertimbangkan usulan untuk meningkatkan anggaran menjadi Rp100 juta per RT. Jika hasil kajian kami menunjukkan kebutuhan yang signifikan, kami akan mengambil langkah yang diperlukan,” ucap Arianto, Kepala DPMD Kukar.

Arianto menegaskan bahwa DPMD Kukar sedang melakukan penelitian menyeluruh terhadap proposal ini, termasuk analisis dampak dan manfaat yang diharapkan. “Jika anggaran ini terbukti penting dan dapat mempercepat penanganan masalah di tingkat RT, kami akan berusaha menyediakannya, asalkan anggaran daerah memadai,” tambahnya.

Dia juga mengingatkan bahwa fokus utama Pemkab Kukar saat ini adalah menyelesaikan program Rp50 juta per RT yang sudah ada, yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. “Perubahan dalam program ini akan menandakan adanya RPJMD yang baru dan kepemimpinan yang baru,” tegasnya.

DPMD Kukar berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan bimbingan teknis kepada pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa. Ini termasuk dalam perencanaan pembangunan dan penggunaan anggaran yang transparan dan bertanggung jawab.

Lebih lanjut, DPMD Kukar berjanji untuk terus mengawasi dan memastikan bahwa pengelolaan dana desa dilaksanakan dengan cara yang transparan, bertanggung jawab, dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat desa. Dengan pendekatan yang konsisten ini, DPMD Kukar berharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan memastikan efektivitas penggunaan dana. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *