June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Upaya Kukar dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Melalui Pelatihan Kader Posyandu

1 min read

Kepala Bidang Kelembagaan, Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Adat, DPMD Kukar, Riyandi Elvander.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan komunitas, Kutai Kartanegara (Kukar) telah melangkah maju dengan menyelenggarakan pelatihan dasar bagi para kader posyandu. Acara yang berlangsung di Samarinda pada hari Rabu (1/5), ini merupakan pertemuan penting bagi ratusan kader dari 799 posyandu yang tersebar luas di desa-desa dan kecamatan.

Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan para kader dalam menyediakan layanan kesehatan yang efektif dan berkualitas, khususnya bagi bayi dan lansia. Dengan peningkatan kompetensi ini, para kader diharapkan akan lebih cakap dalam mengidentifikasi dan mencegah penyakit dini serta mengurangi prevalensi stunting di kalangan anak-anak, yang akan membawa peningkatan kesehatan bagi masyarakat luas.

Riyandi Elvander, Kepala Bidang Kelembagaan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Lembaga Adat di DPMD Kukar, menegaskan pentingnya pelatihan ini. “Kami mengajak para kader untuk mengikuti setiap sesi pelatihan dengan serius dan disiplin,” katanya.

Materi yang disampaikan selama pelatihan mencakup strategi untuk meningkatkan kehadiran masyarakat di posyandu dan cara untuk meningkatkan standar layanan kesehatan yang ditawarkan. “Kami bertujuan untuk melihat peningkatan dalam jumlah posyandu setiap tahun, serta peningkatan dalam kualitas layanan, administrasi, dan pelaporan yang efisien sebagai hasil dari pelatihan ini,” ujar Elvander.

Dengan optimisme yang besar, Elvander berharap bahwa semua pengetahuan dan metode yang dibagikan selama pelatihan dapat diimplementasikan dengan baik oleh para kader di lapangan. “Kami berharap segala sesuatu yang telah kami sampaikan dapat diaktualisasikan di lapangan dengan optimal,” tutupnya. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *