June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Peningkatan Layanan Kesehatan Desa, Inisiatif Terbaru dari DPMD Kukar

1 min read

Arianto, Kepala DPMD Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam sebuah gerakan yang menandai kemajuan penting, Arianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Kutai Kartanegara (Kukar), telah mengumumkan inisiatif terobosan untuk memajukan kualitas layanan kesehatan di tingkat desa. Program ini bertujuan untuk memperluas jangkauan layanan kesehatan dengan menambah jumlah perawat dan bidan di setiap desa, dengan harapan untuk meningkatkan standar kesehatan di wilayah pedesaan.

“Kami berdedikasi untuk memastikan bahwa setiap warga desa memiliki akses ke layanan kesehatan yang memadai, yang kami yakin akan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup mereka secara keseluruhan,” ucapnya.

Arianto mengakui bahwa meskipun layanan kesehatan telah ada di desa-desa di Kukar, masih ada kekurangan dalam hal jumlah dan kualitas tenaga kesehatan. Untuk mengatasi hal ini, DPMD Kukar telah meluncurkan program Bantuan Khusus Keuangan Tenaga Kesehatan (BKKT), yang dirancang untuk menarik tenaga kesehatan agar bekerja di desa-desa.

“Ini adalah kesempatan bagi para profesional kesehatan di Kukar untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan masyarakat pedesaan,” kata Arianto.

Proses rekrutmen tenaga kesehatan telah dimulai melalui puskesmas, dengan prioritas diberikan kepada mereka yang merupakan asli Kukar. Program ini diharapkan tidak hanya akan mengatasi masalah stunting yang menjadi fokus utama, tetapi juga akan meningkatkan kesiapan dalam situasi darurat kesehatan dan memperluas akses ke layanan kesehatan yang lebih berkualitas.

“Kami yakin bahwa inisiatif ini akan membawa perubahan yang substansial dalam sistem kesehatan pedesaan di Kukar,” pungkasnya.

Dengan langkah progresif ini, DPMD Kukar berharap dapat menciptakan perubahan yang berarti dan berkelanjutan dalam kesejahteraan masyarakat pedesaan. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *