June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Teknologi Tepat Guna Kukar Raih Juara Tiga Posyantek Berprestasi

1 min read

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong – Malam closing ceremony Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-10 tingkat Kalimantan Timur (Kaltim) dengan tuan rumah Kota Samarinda berlangsung meriah di Ballroom Hotel Puri Senyiur, Samarinda, Sabtu (27/4/2024).

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengirimkan 3 kategori posyantek, alat pengipil jagung dan alat pengolah sampah, dalam gelaran TTG ini. Kukar berhasil meraih juara tiga posyantek berprestasi di desa Suka Maju, kecamatan Tenggarong Seberang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, berharap tahun depan partisipasi dan minat warga desa-desa Kutai Kartanegara terhadap pengembangan TTG ini semakin tinggi.

“Harapannya nanti tahun depan pembinaan terus dilakukan, partisipasi atau minat warga desa-desa Kutai Kartanegara semakin tinggi terhadap pengembangan TTG ini supaya bisa meraih juara disetiap kategori,” ujar Arianto.

Di tahun 2023, Kukar telah melakukan pembinaan kepada pelaku-pelaku posyantek se Kukar tingkat desa, kelurahan dan kecamatan. Namun, dampaknya belum signifikan. Evaluasi terus dilakukan dan di tahun 2024 ini Kukar mencoba lagi dengan menginventarisir kelompok-kelompok yang serius mengembangkan TTG.

Kukar juga perlu belajar dan studi tiru kepada kabupaten/kota lain di Kaltim yang posyantek dan TTG nya sudah maju seperti Kota Bontang dan Kabupaten Paser.

“Kami melihat Bontang ini konsisten setiap tahun pasti memperoleh yang terbaik, baik inovasi maupun posyanteknya sampai juara umum, insya allah kita akan studi ke Bontang,” ujarnya. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *