June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Lumbung Inovasi Agrikultur 5A dari Kecamatan Muara Kaman

1 min read

Potret lahan pertanian di Kutai Kartanegara

Infoalima.com, Tenggarong – Revolusi hijau sedang berlangsung di Desa Cipari Makmur, Kecamatan Muara Kaman, dengan transformasi menjadi Kawasan Pertanian Terintegrasi (KPT) yang mengedepankan konsep 5A: Agro Wisata, Agro Produksi, Agro Industri, Agro Bisnis, dan Agro Teknologi.

“Kami bertekad mengoptimalkan potensi pertanian desa, menjadikannya bukan hanya pusat produksi tetapi juga destinasi wisata,” ungkap Camat Muara Kaman, Barliang, pada Selasa (23/4/2024).

Barliang menyoroti sinergi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah memadukan konsep 5A menjadi satu ekosistem pertanian yang harmonis.

“Setiap aspek, dari peternakan hingga agrowisata, akan saling mendukung dalam ekosistem ini,” katanya.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, Desa Cipari Makmur telah mencatat kemajuan penting dalam sektor pertanian. “Kami sepenuhnya mendukung program ini, termasuk responsif terhadap usulan dan kebutuhan petani,” tegas Barliang.

Pembangunan sektor pertanian di Desa Cipari Makmur mendapat dorongan kuat dari Pemkab Kukar dan Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0906/Kukar. “Sebelum program TMMD, banyak lahan pertanian yang terlantar karena sulit diakses. Berkat program ini, lahan-lahan tersebut kini dapat dikelola dengan optimal,” jelas Barliang.

Dengan terbentuknya KPT berkonsep 5A, diharapkan akan ada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Cipari Makmur. “Ini bukan hanya tentang pertanian, tetapi juga tentang membangun komunitas yang lebih kuat dan sejahtera,” tutup Barliang dengan optimisme.

Pembentukan KPT diharapkan juga akan memberikan efek domino positif terhadap kemajuan sektor pertanian di seluruh Kecamatan Muara Kaman. Dengan demikian, para petani diharapkan akan merasakan peningkatan kesejahteraan secara langsung dari program ini. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *