June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Sampah Idul Fitri Kukar Terkendali Berkat Kesadaran Masyarakat

2 min read

Ilustrasi potret petugas pengangkut sampah di jalan

Infoalima.com, Tenggarong – Momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah menjadi kesempatan bagi masyarakat Kutai Kartanegara untuk menunjukkan kesadaran dalam mengelola sampah. Hasilnya, timbunan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dapat dikendalikan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara, Irawan, mengatakan bahwa petugas kebersihan telah kembali bekerja pada H+1 Idul Fitri 2024 setelah sempat diliburkan agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Sudah kembali normal, memang mereka sempat diliburkan agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya pada Jumat (12/4/2024).

Irawan juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mengikuti surat edaran pengendalian sampah khusus pada Hari Raya Idulfitri. “Terima kasih juga kepada tim taktis yang telah bekerja di H-1 Idulfitri dan pada saat Hari Raya Idulfitri. Sehingga timbunan sampah ini bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Menurut Irawan, kesadaran masyarakat sangat penting dalam mengelola sampah. “Kesadaran ini yang harus ditingkatkan lagi, sekarang sudah disediakan TPS yang bagus. Harapannya masyarakat bisa membuang sampah dengan benar di dalam TPS. Jadi tidak asal dilempar atau hanya ditaruh di luar dari bak TPS sampah,” harapnya.

Upaya pengendalian sampah ini juga sejalan dengan Surat Edaran Bupati Kutai Kartanegara tentang Pengendalian Sampah selama Idulfitri 1445 Hijriah. Dalam SE tersebut dijelaskan bahwa pemerintah ingin memperkuat komitmen dan peran aktif dalam mengurangi kuota sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan melakukan antisipasi serta penanganan.

Pemerintah juga berharap melalui mudik minim sampah, partisipasi masyarakat dan komitmen, serta peran aktif pelaku usaha dalam upaya pengurangan dan penanganan sampah dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola sampah dengan baik. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *