May 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Jalankan Program Satu Nakes Satu Desa Kukar, Harapan Baru bagi Masyarakat Desa

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong, Kukar – Program satu nakes satu desa yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk merealisasikan program satu tenaga kesehatan (nakes) satu desa, disambut antusias oleh masyarakat desa.

“Kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan kebijakan satu nakes satu desa,” ungkap Kepala DPMD Kukar, Arianto, Kamis (14/3/2024).

Program ini diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di desa, sehingga masyarakat desa tidak perlu lagi menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.

“Program ini sangat bagus. Sebelumnya, kami kesulitan untuk mendapatkan layanan kesehatan, terutama di malam hari,” ungkap Sulastri salah seorang warga

Dengan adanya nakes yang siaga di desa, diharapkan masyarakat desa dapat terhindar dari penyakit dan mendapatkan penanganan medis yang lebih cepat dan tepat.

DPMD Kukar juga mendorong keterlibatan Posyandu dan Puskesmas pembantu (Pusban) di desa agar program satu desa satu bidan satu perawat bisa dilakukan secara optimal. Hal ini dilakukan mengingat saat ini memang masih ada sebagian desa di Kukar ada satu desa hanya memiliki satu perawat, atau ada yang hanya memiliki satu bidan saja.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *