May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Siapkan Empat Desa Persiapan di Kukar Segera Miliki Pj Kades

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto, S.Sos., M.Si.

Infoalima.com, Tenggarong – Empat Desa Persiapan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera memiliki Penjabat (Pj) Kepala Desa. Penunjukan Pj Kades ini ditargetkan selesai pada bulan Maret mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, S.Sos.,M.Si, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun Peraturan Bupati (Perbup) tentang Desa Persiapan. Keempat desa yang dimaksud adalah Sumber Rejo (Kecamatan Tenggarong Seberang), Kembang Janggut Ilir (Kecamatan Kembang Janggut), Sungai Payang Ilir (Kecamatan Loa Kulu), dan Tanjung Berukang (Kecamatan Anggana).

“Perbup tentang Desa Persiapan ditargetkan selesai bulan depan. Setelah itu, Pj Kades bisa segera ditunjuk,” kata Arianto, Selasa (27/2/2024).

Pj Kades ini akan dipilih dari kalangan PNS di kantor pemerintah kecamatan setempat. Sebelumnya, tiga desa telah memiliki Pj Kades, yaitu Badak Makmur (Kecamatan Muara Badak), Jembayan Ilir (Kecamatan Loa Kulu), dan Loa Duri Seberang (Kecamatan Loa Janan).

Arianto menjelaskan, Pj Kades memiliki tugas utama untuk menyelesaikan persyaratan pemekaran desa. Persyaratan tersebut meliputi jumlah penduduk, luas wilayah, dan sarana prasarana desa.

“Pj Kades harus bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah desa induk untuk menyelesaikan persyaratan tersebut,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pj kades persiapan juga akan menjalankan tugas-tugasnya di pemerintahan desa, paling lama tiga tahun. Pj kades persiapan juga bertugas mengurus persyaratan menuju desa definitif. Jika dalam kurun waktu tersebut Pj kades tidak bisa menjadikan desa persiapan menjadi definitif, maka otomatis kembali ke desa induk.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *