May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Gelar TTG Dorong Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna di Desa

2 min read

Plt Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Desa DPMD Kukar, Asmi Riyandi Elvandar, S.Sos.,M.Si.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan pemanfaatan teknologi tepat guna di desa-desa.

Plt Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Desa DPMD Kukar, Asmi Riyandi Elvandar, S.Sos.,M.Si., mengatakan bahwa Gelar TTG merupakan program tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing desa melalui pengembangan teknologi tepat guna.

“Teknologi tepat guna dapat membantu masyarakat desa dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup mereka,” jelas Asmi Riyandi, Senin (27/2/2024).

Pada tahun 2024, Gelar TTG Kukar diikuti oleh 20 desa dari 18 kecamatan. Setiap desa mengajukan satu proposal teknologi tepat guna yang telah diterapkan di desanya.

Tim penilai Gelar TTG terdiri dari akademisi, praktisi, dan unsur pemerintah. Tim penilai akan melakukan verifikasi lapangan untuk melihat langsung penggunaan teknologi tepat guna di desa-desa.
“Hasil verifikasi lapangan ini akan menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan pemenang Gelar TTG tahun 2024,” jelas Asmi Riyandi.

Asmi Riyandi berharap, melalui Gelar TTG ini, dapat ditemukan teknologi-teknologi tepat guna yang inovatif dan dapat direplikasi di desa-desa lain di Kukar.

“Sehingga, pada akhirnya, dapat meningkatkan daya saing desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” harapnya.

Sebagai informasi Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna ini dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional/Nusantara merupakan Program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang bertujuan sebagai upaya Pembinaan Pemerintah dan Pemberdayaan Masyarakat dalam meningkatkan daya saing desa melalui Pembangunan Teknologi Tepat Guna.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *