May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

BAZNAS Kukar Berkolaborasi dengan DPMD Kukar

1 min read

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjalin kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Infoalima.com, Tenggarong – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjalin kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar untuk meningkatkan pengumpulan zakat.
Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BAZNAS Kukar dan DPMD Kukar di Tenggarong, Rabu (21/02/2024).

Ketua BAZNAS Kukar Shafik Avicenna mengatakan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ASN DPMD Kukar tentang kewajiban zakat dan memudahkan mereka dalam menunaikan zakat.

“Kami berharap dengan kerjasama ini, semakin banyak ASN yang tergerak untuk menunaikan zakat dan semakin banyak masyarakat yang terbantu,” ujar Shafik.

Sementara itu, Sekretaris DPMD Kukar Muhammad Yusran Darma, S.Sos.,M.Si menyambut baik kerjasama ini. “Kami mendukung penuh upaya BAZNAS Kukar dalam meningkatkan pengumpulan zakat,” ujar Yusran Darma.

Yusran Darma mengatakan bahwa potensi zakat di Kukar sangat besar. “Berdasarkan data BPS tahun 2023, jumlah penduduk Muslim di Kukar mencapai 98%. Jika setiap Muslim di Kukar menunaikan zakat 2,5% dari pendapatannya, maka potensi zakat di Kukar bisa mencapai ratusan miliar rupiah,” ujarnya.

Dana zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai program, seperti:

• Mbeko (Mberi Sembako) untuk membantu fakir dan miskin.
• Stunting Care untuk membantu anak-anak yang mengalami stunting.
• Z-Ifthar, Mystery Box Ramadhan, dan Gerai Makanan untuk membantu santri dan musafir.
• Qurban Etam untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam berkurban.
• Bantuan Alat Kesehatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan alat kesehatan.
• Bantuan Imam dan Marbot untuk membantu imam dan marbot masjid.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *