May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kapal KM Dayak Lestari Dilalap Api di Pelabuhan Samarinda

2 min read

KM Dayak Lestari A yang terbakar.

Infoalima.com, Samarinda – Kapal penumpang tujuan Samarinda – Mahakam Ulu (Mahulu) bernama KM Dayak Lestari A, Senin (12/2/2024) dini hari ludes terbakar. Beruntung dalam insiden ini tidak memakan korban jiwa.

Kasat Polair Polresta Samarinda Kompol Izdiharuddin Faris R.P saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Namun ia belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang terjadi di KM Dayak Lestari A.

“Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan. Kita menunggu hasil dari tim forensik. Serta meminta keterangan dari sejumlah saksi,” jelas Faris pada media ini, Senin pagi.

Ia mengungkapkan, dari keterangan sejumlah saksi. KM Dayak Lestari A ini dikabarkan baru tiba di Samarinda pada Senin siang pukul 12.00 Wita. Usai perjalanan dari Mahulu sejak Sabtu (10/2/024) pagi lalu. Dan bersandar di Dermaga Mahakam Ulu Pelabuhan Samarinda, Sungai Kunjang.

“Saat tiba di Samarinda, KM Dayak Lestari A membawa 50 penumpang dan semuanya sudah turun dari kapal,” ucap Kasat.

Setelah menurunkan semua penumpang. KM Dayak Lestari langsung disandarkan diantara dua kapal lain. Untuk di lambung kiri ada KM Noor Fitri Indah, sedangkan di lambung kanan ada KM Akbar Amanda 04.

Kemudian lanjutnya, setelah kapal bersandar. ABK KM Dayak Lestari A langsung menarik kabel lampu untuk disambungkan ke sumber listrik yang ada di dermaga.

“Saat itu belum terjadi apa-apa. Sekitar pukul 00.30 Wita, semua ABK dan Nakhoda langsung istirahat. Dua di bagian belakang kapal, 1 di bagian depan,” kata Faris.

Selang 2 jam lebih, tepatnya pukul 03.00 Wita. Seorang ABK dari KM Noor Fitri Indah terbangun dan melihat ada api dari lantai 2 bagian depan KM Dayak Lestari A. Kemudian ABK tersebut bergegas lari memberitahukan kepada ABK di KM Dayak Lestari A.

“Semuanya panik dan berusaha memadamkan api. Tapi karena api sudah membesar, akhirnya mereka langsung berusaha menyelamatkan kapal-kapal lain yang bersebelahan dengan KM Dayak Lestari A,” tuturnya.

Usai berhasil melepaskan tambatan tali dan menjauhkan kedua kapal lainnya. KM Dayak Lestari langsung dibiarkan larut ke tengah sungai dengan kondisi terbakar. Dan kebakaran di KM Dayak Lestari A baru berhasil dipadamkan saat kapal sudah berada di Dermaga Mahakam Square.

“Untuk kerugian materilnya masih belum kita ketahui. Karena kita masih fokus memeriksa saksi,” tegas Kasat. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *