May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar dan DPMK Kubar Jalin Sinergi Perkuat Posyandu dan UMKM

2 min read

Muhammad Yusran Darma, Sekretaris Dinas PMD Kukar.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menjalin sinergi untuk memperkuat peran Posyandu dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Sinergi ini diwujudkan melalui kegiatan koordinasi dan sinkronisasi program yang berlangsung pada hari Senin (5/2/2024) di DPMD Kukar.

“Kunjungan ini merupakan wujud nyata sinergi antar daerah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Muhammad Yusran Darma, Sekretaris Dinas PMD Kukar.

Dalam kegiatan ini, DPMD Kukar dan DPMK Kubar saling berbagi pengalaman dan informasi terkait peran Posyandu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan strategi pemberdayaan masyarakat miskin ekstrem.

DPMD Kukar memaparkan bahwa Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang berperan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

DPMD Kukar juga menekankan pentingnya peran semua pihak, termasuk kader Posyandu, dalam meningkatkan peran dan fungsi Posyandu.

Selain itu, DPMD Kukar juga memaparkan program-program pemberdayaan masyarakat miskin ekstrem yang telah dilaksanakan di Kukar, termasuk pelatihan dan bantuan sarana prasarana untuk pengembangan UMKM.

“Kami berharap melalui sinergi ini, program-program pemberdayaan masyarakat di Kukar dan Kubar dapat semakin efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Yusran.
Sementara itu, perwakilan dari DPMK Kubar menyampaikan apresiasi atas sambutan dan sharing informasi yang diberikan oleh DPMD Kukar.

“Kami sangat terbantu dengan informasi dan pengalaman yang dibagikan oleh DPMD Kukar. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi kami dalam meningkatkan program-program pemberdayaan masyarakat di Kubar,” kata perwakilan DPMK Kubar.

Kegiatan koordinasi dan sinkronisasi program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat sinergi antara DPMD Kukar dan DPMK Kubar dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, dan sejahtera.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *