May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pangdam Dorong Pembinaan Generasi Muda Melalui Pembukaan Persami Pramuka Saka Wira Kodam VI/Mlw

2 min read

Pramuka Saka Wira Kartika menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Infoalima.com, Balikpapan – Bertempat di Pantai Lamaru Balikpapan Timur, Pramuka Saka Wira Kartika menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan ini dihadiri oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo sekaligus membuka kegiatan tersebut. Hal ini terungkap dalam rilis Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Kristiyanto pada hari Sabtu (3/2/2024)

Kegiatan Persami ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia yang digelar oleh TNI AD melalui setiap Kotama Kewilayahan termasuk di Kodam VI/Mlw.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan bahwa kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) ini dapat dijadikan wahana pembelajaran yang bermanfaat dan memberi makna bagi kemajuan Pramuka dan kehiduoan masyarakat. Ditambahkannya lagi yang terpenting adalah ini merupakan wujud nyata TNI AD pada umumnya dan Kodam VI/Mlw pada khususnya peduli akan pembentukan karakter demi kelangsungan generasi muda anak bangsa melalui kaderisasi Pramuka Saka Wira Kartika.

Perkemahan Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Kodam VI/Mulawarman TA 2024 ini mengambil tema ”Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Hal ini mengandung arti bahwa sebagai generasi muda juga harus bertanggung jawab menjaga kelestarian hutan, mengingat jumlah tumbuhan/pepohonan di alam terus berkurang, mengakibatkan kadar oksigen dalam bumi mengalami kelangkaan dan merusak sistem sumber daya air, serta menjadi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Saya berharap melalui kegiatan ini para peserta sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mengisi diri dengan keterampilan dan pengetahuan sebagai persiapan menuju Indonesia Emas di Tahun 2045 dimana Negara Indonesia akan menjadi negara ke-4 terbesar dunia dan dapat merawat pohon mangrove yang ditanam ini untuk menghasilkan lingkungan ekosistem yang baik dan juga diupayakan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya serta diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat alam, serta mencegah pemanasan global dengan menyerap karbondioksida dari udara, sehingga emisinya akan terserap oleh tumbuhan dan mengurangi dampak pemanasan global.” tegas Pangdam.

Adapun jumlah peserta Persami kali ini berjumlah 350 orang yang terdiri dari peserta perkemahan 120 siswa/siswi setingkat SLTA, penyelenggara 12 orang, pelatih/pembina sebanyak 10 orang, pendukung sebanyak 56 orang dan peserta tambahan 152 orang. Yang nantinya para peserta akan diberi berbagai materi Pengetahuan Dasar Kepramukaan, Praktek 5 Krida Saka Wira Kartika, kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bakti.

Setelah membuka kegiatan Persami Pramuka Saka Wira Kartika, Pangdam VI/Mlw mengajak tamu yang hadir seperti Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Walikota Balikpapan Rahmat Mas’ud, Kapolres Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto dan Pejabat Utama Kodam VI/Mlw bersama-sama Pramuka Saka Wira Kartika menanam pohon mangrove sebanyak 1000 bibit pohon dari jumlah total 3500 bibit pohon yang juga ditanam di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

(Pendam VI/Mlw)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *