May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Ikut Terlibat dalam Memeriahkan Peringatan Peristiwa Merah Putih ke 77 Tahun

2 min read

Puncak Peringatan Peristiwa Merah Putih ke-77 di Sanga-Sanga.

Infoalima.com, TENGGARONG – Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk meriahkan Peringatan Peristiwa Merah Putih ke 77 tahun 2024 di Kecamatan Sanga-sanga.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Dendy Irawan F dan Camat Sanga-sanga M. Dachriansyah dalam rapat finalisasi persiapan peringatan Peristiwa Merah Putih di Ruang Serbaguna Kantor Camat Sanga-sanga, Jumat (5/1/2024).Rapat ini diikuti oleh 120 orang yang terdiri dari perwakilan Dinas, Badan, Kantor, Lembaga, Danramil, Kapolsek, Perusahaan, Kekraf, Lurah, dan panitia pelaksana.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Dendy Irawan F mengatakan rapat ini membahas finalisasi rundown acara yang melibatkan beberapa Dinas instansi sebagai leading sektor penunjang beberapa kegiatan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh panitia dan OPD yang turut mendukung berbagai kegiatan dan memberikan manfaat bagi warga, khususnya di Sanga-sanga dan sekitarnya. Kami berharap agenda tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya kolaborasi dan semangat kerja bersama yang lebih efektif antara pihak panitia, pemangku kepentingan, dunia usaha, dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara,” ungkap Dendy.

Dendy juga berharap seluruh rangkaian agenda peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-sanga 27 Januari 1947, Tahun 2024 berjalan sukses, lancar, tertib administrasi, dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di Sanga-sanga dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kukar mengatakan melalui rapat ini pihaknya mendukung dan berharap kerjasama dari OPD lain yang terlibat agar kegiatan berjalan dengan baik.

“Pihak kami juga akan bekerjasama dengan OPD lain untuk mensukseskan acara ini dengan baik,” ucap Arianto.

Adapun jadwal kegiatan peringatan Peristiwa Merah Putih Ke 77 menurut rencana diawali dengan kegiatan Gowes Merah Putih Sanga-sanga start dari Kecamatan Tenggarong dan finish di Kecamatan Sanga-sanga, yang akan diikuti oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dan para komunitas sepeda beberapa kecamatan.

Kemudian, Bupati Kukar Edi Damansyah akan melakukan pembukaan beberapa cabang olahraga, kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dengan pihak Kecamatan Sanga-sanga, yaitu pembukaan turnamen ketapel, pembukaan turnamen panahan, pembukaan turnamen voli piala Bupati, pembukaan ketinting, even Transksang ke 4, napak tilas, dan camping ground Merah Putih di Lapangan Gelora Pantai EP.

Selanjutnya, doa untuk para pahlawan, sholat magrib, baca doa, diakhiri sholat isya di Masjid Besar Al Mukarramah. Safari subuh Pemkab Kukar di Masjid Al Mukarromah, pemberian santunan kepada veteran dan janda veteran, pembukaan pameran expo Merah Putih Sanga-sanga di Lapangan Merah Putih, pembukaan bazar UMKM Merah Putih Sanga-sanga di Lapangan Palagan, pesta rakyat Merah Putih di Monumen Kelurahan Sanga-sanga Muara.

Malamnya, dilanjutkan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah.Acara puncak peringatan Merah Putih ke 77 Tahun 2024 dimulai dengan upacara parade Peringatan Peristiwa Merah Putih di Lapangan Bola PT Pertamina Sanga-sanga, dilanjutkan upacara ziarah tabur bunga di Makam Pahlawan Wadah Batuah, ramah tamah dengan veteran/janda veteran Peristiwa Merah Putih di Gedung Wisma Ria. Penutupan pameran expo Merah Putih dan penutupan bazar UMKM Merah Putih pada hari Jumat, 2 Februari 2024.

ADV/DPMD Kukar.

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *