May 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kecamatan Tenggarong Sebrang Bakal Bangun UMKM Centar

1 min read

Camat Tenggarong, Tego Yuwono.

Infoalima.com, TENGGARONG – Pemerintah Kecamatan Tenggarong Sebrang, terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tercatat ada sekitar 1.600 pelaku UMKM yang tersebar di 18 desa di Kecamatan Temggarong Sebrang.

Untuk mendukung perkembangan usaha pelaku UMKM di Kecamatan Tenggarong Sebrang, Camat Tenggarong Sebrang, Tego Yuwono, mengatakan pihaknya tengah berencana membangun UMKM center.

Pembanguna ini ditujukan untuk memberikan wadah edukasi dan pembinaan bagi pra pelaku UMKM di Temggarong Sebrang. Termasuk untuk memberikan akses bantuan bagi pelaku UMKM yang ingin menerbitkan dokumen administrasi.

Paling penting adalah sebagai tempt mempromosikan dagangan yang dipasarkan oleh para pelaku UMKM di Kecamatan Temggarong Sebrang.

“Jadi supaya orang datang ke satu titik saja. Jadi dari 18 desa itu ada di sana semua testernya,” tutur Tego Yuwono, Rabu (8/11/2023).

Ia menyebut, berbagai macam hasil olahan para pelaku UMKM berada di Tenggarong Seberang. Mulai dari berbagai olahan keripik, belut, hingga makanan ringan lainnya.

Selain itu, kini pihaknya juga sedang melakukan sertifikasi halal kepada para pelaku UMKM. Tujuannya agar, produk UMKM yang ada bisa masuk pada pasar-pasar modern.

Tego mengatakan, pihaknya juga telah memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM untuk dapat menjual produknya ke beberapa perusahaan yang ada di Tenggarong Seberang.

“Ketika packingnya sudah bagus, sudah memenuhi standar maka kami bantu juga ke perusahaan,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *