May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dinilai Punya Potensi Wisata, Dispar Kukar Bakal Bangun Rest Area di Kawasan Tugu Equator

1 min read

Ilustrasi Tugu Equator.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinilai punya potensi wisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana membangun rest area di sekitar tugu Equator. Yang terletak di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marangkayu. Senin (30/10/2023).

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan kajian rencana pembangunan rest area di sekitar tugu yang jadi penanda letak garis katuristiwa ini.

Karena fungsinya yang unik, selamet menilai tugu ini bisa jadi ikon yang menarik dan mengundang minat pengunjung. Sehingga Slamet menilai kawasan ini sangat potensial untuk dikembangkan.

“Sangat berpotensi sekali untuk membangun rest area dan taman. Jadi pelaku ekonomi kreatif juga bisa difungsikan,” ucap selamet.

Dalam rencana ini, selamet mengatakan pihaknya juga akan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berada di Kecamatan Marangkayu. Agar proses pengembangan ini bisa berjalan dengan baik dan perawatan bisa berjalan maksimal.

“Nanti kita akan libatkan Pokdarwis yang ada di sana,” tambahnya.

Saat ini, Slamet mengatakan pihaknya masih akan melakukan pendataan kawasan tersebut. Khususnya untuk permasalahan lahan. Ini dilakukan agar tidak terjadi sengketa yabg kemudian menghambat rencana tersebut.

“Kami telusuri dulu status lahannya, kalau memang bisa kita akan bangun rest area dan taman,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *