May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

72 Guru Sekolah Dasar di Kukar diberi Bintek Pengembangan Pendidikan

1 min read

Suasana Bintek yang digelar Disdikbud Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Kukar. Bimtek ini diikuti oleh 72 guru Sekolah Dasar (SD) dari 20 kecamatan di Kukar.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) Disdikbud Kukar, Joko Sampurno mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam mengaplikasikan pembelajaran kepada siswa dan siswi.

Pelatihan ini mencakup peningkatan kompetensi bagi guru-guru Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Tujuan utama kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama, dengan fokus pada pendidikan moral dan etika.

Salah satu misinya adalah masuk dalam program Kukar Idaman, yaitu menciptakan masyarakat berakhlak mulia.

“Guru diharapkan dapat lebih menekankan akhlak mulia daripada hanya pengetahuan akademis,” ungkapnya, Senin (30/10/2023).

Joko menjelaskan, peningkatan kompetensi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan juga merupakan bagian dari misi Bupati Kukar untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

“Tujuannya adalah mempersiapkan generasi muda dengan kondisi jasmani dan rohani yang sehat,” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa pelatihan ini akan mempersiapkan guru-guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan siswa tingkat sekolah dasar.

Dalam mendidik anak-anak beranjak remaja, guru harus memahami kondisi fisik dan psikologis siswanya. Oleh karena itu, metode pengajaran harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak-anak.

“Guru juga harus memahami dan menghormati perbedaan budaya dan jenis olahraga lokal di daerah mereka. Selain aspek fisik, pelatihan ini juga menekankan pengembangan kebudayaan dan perlombaan tradisional yang melibatkan olahraga dan budaya,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *