May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Bupati Kukar Minta Penanganan Inflasi Juga Dilakukan di Tingkat Desa

2 min read

Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, meminta seluruh Kepala Desa (Kades) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Untuk turut menekan pertumbuhan inflasi dengan memanfaatkan anggaran desa dan alokasi dana desa, Senin (23/10/2023).

Diketahui, Pemkab Kukar sedang berupaya keras menekan laju pertumbuhan inflasi yang diperkirakan akan terus terjadi. Bahkan Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kukar, telah merencanakan operasi pasar di 123 titik.

Agar penekanan inflasi ini bisa berjalan dengan optimal di Kukar. Edi juga turut meminta Pemerintah Desa (Pemdes) turut ambil bagian, untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Saya minta seluruh kepala desa untuk memanfaatkan anggaran itu dalam menekan dan mengendalikan inflasi di tingkat desa,” kata Edi.

Menurutnya, ada beberapa langkah yang perlu diambil oleh kepala desa dalam menekan angka inflasi. Salah satunya salah dengan mengumpulkan data harga harian.

Kepala desa juga diinstruksikan, untuk melakukan evaluasi trend lonjakan harga bahan pangan tiap pekan. Serta memastikan adanya kemandirian produksi bahan pangan dan distribusinya.

Dengan melakukn pemgawasan terhadap benerapa sektor tersebut. Edi menilai itu merupakan langkah antisipasi yang dinilai efektiv untuk memastikan stabilitas pergerakan harga bahan pangan di desa.

Selain itu, Edi juga menyarankan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan koperasi desa untuk ambil bagian dalam upaya menekan inflasi. Seperti bekerjasama dengan Bulog untuk membantu proses distribusi bahan pangan.

Terakhir, Edi mendorong seluruh Kades untuk mengaktifkan pasar desa atau pasar rakyat. Tujuannya untuk memperluas jaringan dalam pelaksaan operasi pasar.

“Kita juga mengharapkan kepala desa, pengurus BUMDes dan Koperasi untuk bisa lebih aktif dalam mengakses sehingga memastikan cadangan pangan bisa terpenuhi di wilayah masing-masing,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *