May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kecamatan Samboja Barat Fokus Embangkan SDM Dan Sektor Pertanian

1 min read

Camat Samboja Barat, Baharuddin.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam rangka menyongsong perpindahan Ibu Kita Negara (IKN) yang akan datang ke Kalimantan Timur (Kaltim). Pemerintah Kecamatan Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terus mempersiapkan diri.

Beberapa sektor yang menjadi fokusnya salah satu Kecamatan baru di Kukar ini adalah, pembanguna Sumber Daya Manusia (SDM) dan sektor pertanian. Pembangunan SDM dilakukan agar, para pemuda dari Kecamatan Samboja Barat tidak tersisih ditengah derasnya persaingan saat IKN resmi di pindahkan.

Sedangkan keputusan untuk mengembangkan sektor pertanian, dilakukan untuk turut menyukseskan ambisi Kukar menjadi lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan IKN.

Camat Samboja Barat, Burhanuddin mengaku, rutin berdialog dengan Direktur Ketahanan Pangan Otorita IKN. Dengan fokus pembahasan yang melingkupi pengembangan sektor pertanian hingga pembenahan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Kami terus menyiapkan warga kami yang tergabung di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) ini bisa berkembang,” kata Burhanuddin, Kamis (19/10/2023).

Burhanuddin menyoroti potensi timun di PPU yang sangat menjanjikan. Dalam satu bulan, para petani dapat memperoleh pendapatan sekitar Rp 100 juta. Tak hanya itu, Kampung Lengkeng dan hidroponik estate sudah mendukung kebutuhan di Balikpapan.

Menyambut IKN, Burhanuddin menekankan peran Samboja Barat sebagai pilar ketahanan pangan. Dalam kerjasama ini, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kukar juga telah meluncurkan penelitian analisis sosial ekonomi masyarakat di bidang perkebunan, pertanian, dan kelautan.

“Ini memang kami dorong untuk membantu pengembangan sektor pertanian dalam arti luas. Karena kami masih terhambat di pengembangan dan pendekatan SDM yang terbatas,” tutup Burhanuddin. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *