May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kerjasama Dengan PT Buma, Distransnaker Adakan Pelatihan Basic Operator Untuk 30 Pemuda Kukar

1 min read

Suasana pertemuan Bupati Kukar, Edi Damasyh dengan beberapa perusahaan untuk membahas kerjasama dalam hal memfasilitasi pelatihan kompetensi.

Infoalima.com, TENGGARONG – Bangun Kerjasama dengan PT Buma dan PT Biru, Dinas Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan (Distransnaker) Kutai Kartanegara (Kukar) akan melakukan pelatihan basic operator untuk 30 orang, Rabu (4/10/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Distransnaker Kukar, Syarifah Rositah menjelaskan.

Para peserta pelatihan ini akan dilatih dari nol hingga memahir mengoperasikan alat berat dan magang di PT Biru selama satu tahun. Setelah itu para peserta akan langsung diterima sebagai Kariawan tetap di PT Buma.

Syarifah mengatakan, rekrutmen yang dilakukan oleh Distransnaker Kukar memprioritaskan masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Proses seleksi sendiri masih terus berjalan, dan pada hari ini para peserta akan mengikuti tahap seleksi wawancara yang dilakukan secara daring.

“Ini pesertanya 30 anak se-Kukar, 20 orang akan diseleksi oleh PT Buma dari 3 Kecamatan lingkar tambang, yaitu Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang. Sedangkan 10 sisanya Distransnaker yang merekrut,” terangnya.

Nantinya jika dinyatakan lulus, para peserta akan menerima uang saku dari PT Buma selama pelatihan berlangsung. Selain itu, mereka juga akan menerima berbagi fasilitas seperti tempat tinggal dan makan.

“Syaratnya khusus yang diberikan dalam pelatihan ini adalah peserta belum menikah dan berusia 21 sampai 26 tahun. Selama pelatihan juga mereka tidak diperkenankan menikah, karena kan pelatihannya selama setahun,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *