May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Mahfud: Kritik Tertinggi terhadap Polri Terjadi pada 2022, Kini Kembali Meningkat

1 min read

InfoAlima.com, – Polri jadi salah satu institusi yang terus jadi perhatian. Ketua Kompolnas Mahfud MD bahkan menyebut, Polri sempat berada di puncak kritik pada tahun 2022.

“Kita sudah mendiskusikan pandangan masyarakat terhadap Polri. Ada yang mengatakan kritik terhadap Polri itu terjadi puncaknya pada Tahun 2022,” kata Mahfud dalam acara Syukuran dan Penyerahan Hadiah Lomba Kompolnas 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (21/8).

Tahun 2022 memang ada sejumlah kasus yang jadi sorotan. Salah satunya, soal penembakan dan pembunuhan yang dilakukan Ferdy Sambo kepada ajudannya, Brigadir Yosua.

Meski begitu, pria yang juga menjabat sebagai Menko Polhukam ini menyebut, sebenarnya secara umum warga puas dengan kinerja Polri dan aparat lainnya. Itu bisa dibuktikan dengan survei dan data kini muncul.

“Masyarakat itu puas sebenarnya terhadap penyelenggaraan keamanan dan mempunyai persepsi yang bagus tentang penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri dan aparat penegak hukum lain,” ungkap Mahfud.

“Buktinya hasil survei tadi dan berbagai survei lain, bukan hanya yang di Kompas. Itu rata-rata, kalau ada kritik itu ada di atas,” ucap dia.

Dalam survei Litbang Kompas terbaru, tingkat kepuasan warga terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf mencapai 74,3%. Ada sejumlah faktor pendukung yang jadi sektor andalan pemerintah dalam pencapaian kepuasan ini.

Tingkat kepusasan di bidang politik dan keamanan merupakan yang tertinggi, yakni 79,3%.**

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *